Kucing Tiffany Ras Kucing Yang Hampir Punah

Dari beberapa jenis atau ras kucing, kucing Tiffany ini sempat dinyatakan punah atau dihapus dari catatan American Cat Association (ACA), sebuah organisasi non profit yang beranggotakan para pecinta dan peternak kucing di Amerika. Dianggap punah karena pada tahun 1970-an kucing jenis ini pernah hilang atau punah, tetapi pada tahun 1973, seseorang yang bernama Jennie, Sigyn beserta seorang peternak kucing lainnya bekerja sama untuk mengembangkan kucing ini lagi. Tujuannya untuk melestarikan ras ini agar tidak punah.

Tiffany (yang sekarang namanya berubah menjadi Chantilly) adalah salah satu ras kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat. Ciri khas kucing ini adalah warna cokelatnya yang unik dan menarik. Chantilly diperkenalkan oleh Sigyn Lund dari Sig Tim Hil Cattery dengan nama "Tiffany". Kemudian para peternak kucing dari Kanada mengubah namanya menjadi "Chantilly", karena di Britania Raya juga ada ras kucing yang memiliki nama yang hampir sama, yaitu Tiffanie.

Karakteristik kucing Tiffany atau Chantilly ini berukuran sedang dengan berat dapat mencapai 4-5 kg, dengan jantan lebih berat daripada betina. Bentuk kepalanya seperti segitiga dengan moncong yang pendek dan lebar serta dagu yang kecil. Kucing jenis ini memiliki tulang pipi yang lebar. Telinganya berukuran sedang, lebar pada bagian bawah, dan menghadap ke depan. Warna matanya jingga dan kadang-kadang dengan diserati garisan hijau yang mengelilingi pupil mata.

Kucing Tiffany atau Chantilly ini memiliki surai disekitar leher. Bulu ekornya lembut, halus, dan terlihat cantik. Ciri khas dari Chantilly adalah warna bulu cokelatnya. Sekarang warna Chantilly sudah beragam, diantaranya biru, cokelat, hitam, putih, dan lain-lain dengan pola warna tabby. Warna hitam adalah warna yang paling jarang muncul pada Chantilly, dan warna putih adalah warna yang tidak sesuai dengan standar. Sekarang para peternak kucing tengah berusaha untuk melestarikan Chantilly dengan warna aslinya, yaitu cokelat.

Kepribadian Kucing Chantilly adalah kucing yang setia, mudah beradaptasi, dan dekat dengan manusia. Kucing ini adalah kucing yang tidak terlalu aktif dan tidak terlalu malas. Chantilly biasanya lebih dekat kepada satu orang dalam keluarga si pemilik kucing. Chantilly biasanya akan mengeong dengan suara yang manis dan lembut kepada orang-orang yang dicintainya. Mereka adalah kucing yang tidak suka ditinggal sendirian dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kucing ini adalah kucing yang tenang dan tidak takut kepada orang asing.

Dibawah ini beberapa foto kucing Tiffany atau Chantilly.






Itulah artikel mengenai Kucing Tiffany Ras Kucing Yang Hampir Punah, saya harap seluruh uraian diatas dapat memberi dan menambah wawasan bagi anda dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom yang telah tersedia dibawah dan bagikan ke teman-teman anda bila artikel ini bermanfaat. baik sobat, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.


Previous
Next Post »