10 Cara Sederhana untuk Memperpanjang Umur Kucing Anda

10 Cara Sederhana untuk Memperpanjang Umur Kucing Anda - Setiap kucing rata-rata hidup sekitar kurang lebih 15 tahun. Dan biasanya kucing hidup dipelihara oleh manusia dan lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah, biasanya umurnya lebih panjang dari pada kucing liar yang hidupnya di luar rumah. Banyak faktor yang menyebabkan kucing yang hidup di luar rumah lebih pendek umurnya, selain karena cuaca, juga rentan terhadap penyakit. Maka dari itu, kucing juga membutuhkan banyak perhatian agar kucing kesayangan anda dpat hidup lebih lama. Inilah 10 Cara Sederhana untuk Memperpanjang Umur Kucing Anda:


1. Air Sangat Penting Bagi Kucing


Sama seperti manusia, kucing juga memerlukan air, meskipun dia tidak biasa meminum banyak air dalam hidupnya, tetapi anda dapat memaksa kucing anda supaya dapat asupan air ke dalam tubuhnya lebih banyak, yaitu caranya dengan mencapur makanannya dengan air, baik makanan kaleng/basah maupun dengan makanan keringnya.


2. Kucing Juga Perlu Olah Raga


Kucing cenderung memakai banyak berat badan karena mereka adalah binatang pemalas dan suka tidur berlama-lama. Mereka pada dasarnya gak suka banyak gerak (terutama kucing dewasa). Kucing yang kelebihan berat badan, sama seperti manusia, lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes, jantung, kulit dan gangguan pernafasan. Mengajak mereka untuk lebih banyak bergerak bisa menghindarkan mereka dari beberapa penyakit tersebut.


3. Rawat (Grooming) Kucing Anda Secara Teratur


Meskipun kucing memiliki mekanisme internal untuk merawat dirinya sendiri secara teratur, namun kucing rumahan biasanya memiliki bulu yang lebih panjang dari kucing biasanya. Hal ini bisa dijaga dengan merawatnya secara teratur. Dan ini akan mengurangi rambut lebih panjang.


4. Perhatikan Setiap Perubahan Perilaku Kucing Anda


Kucing memiliki kebiasaan atau perilaku yang lincah dan gesit dibanding binatang lainnya. Sebagai pemilik kucing, Anda harus memperhatikan semua perilaku kucing Anda dan mencoba untuk berjaga-jaga agar tidak menyakiti orang lain atau sebaliknya tidak ada orang lain yang akan menyakiti kucing anda juga.


5. Lakukan Vaksin Terhadap Kucing Anda Secara Teratur


Vaksin yang dilakukan untuk kucing anda akan menjaga kucing anda terhindar dari penyakit, dan hal ini dapat membuat kucing anda dapat hidup lebih lama.


6. Usahakan Agar Gigi Kucing Anda Tetap Bersih


Secara umum, kesehatan kucing Anda dapat dilihat dari kesehatan giginya. Masalah seperti tarter kronis, radang gusi, dan plak berkontribusi terhadap pertumbuhan bakteri dan bibit penyakit masuk ke dalam tubuhnya, dan hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuhnya.


7. Perhatikan Berat Badan Kucing Anda


Pantau berat badan kucing Anda secara teratur. Penambahan berat yang signifikan dapat mengkhawatirkan, tetapi penurunan berat badan yang signifikan juga bisa berbaya.


8. Jaga Kucing Anda Agar Tidak Mengalami Obesitas


Dengan tidak memberinya makan terlalu banyak, dapat menjaga kucing anda dari obesitas. Dan bila mengalami obesitas, penyakit akan rentan hinggap ke tubuhnya.


9. Jaga Agar Kucing Anda Selalu Berada Di Dalam Rumah


Sudah terbukti bahwa kucing yang tinggal di dalam rumah memiliki umur yang lebih panjang dibanding kucing lainnya. Kucing liar lebih banyak terkena beragam penyakit dan racun yang bisa mengancam jiwanya. Jadi jagalah agar tetap berada di dalam rumah.


10. Bawa Kontrol Ke Dokter Hewan Secara Teratur


Kucing perlu diperiksa oleh dokter secara teratur dari hidung sampai ekor. Hal ini perlu dilakukan karena pemilik kucing tidak dapat mendeteksi tanda-tanda penyakit serius yang dialami kucing anda. Jadi siapkan kalender untuk kunjungan dokter hewan dan jangan sampai ketinggalan.



Itulah artikel mengenai 10 Cara Sederhana untuk Memperpanjang Umur Kucing Anda, saya harap seluruh uraian diatas dapat memberi dan menambah wawasan bagi anda dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom yang telah tersedia dibawah dan bagikan ke teman-teman anda bila artikel ini bermanfaat. baik sobat, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.


Previous
Next Post »