Kucing Anggora

Kebanyakan orang terutama warga Indonesia, memanggil ras kucing ini dengan nama kucing Aggora. padahal nama yang benar untuk ras kucing ini adalah kucing Angora (bukan Anggora). Angora sendiri berasal dari nama kota Angora di Turki, yang sekarang dikenal dengan nama Ankara. Sedangkan nama yang benarnya untuk kucing ini adalah Turkish Angora.

Kucing Anggora


Kucing Anggora ini merupakan salah satu ras kucing yang sangat tua, dan mungkin yang tertua di dunia. Kucing jenis ini sangat populer sekali di Indonesia. Hampir semua cat lover di Indonesia pasti menyukai kucing jenis ini. Kucing Anggora adalah kucing yang berbadan sedang dengan bulu yang panjang. Badannya langsing dan ramping. Ras asli kucing Anggora memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 4 juta hingga 15 juta rupiah. Sedangkan, Anggora hasil perkawinan dengan kucing lain harganya dapat mencapai 200 ribu hingga 2,8 juta rupiah.

Pada tahun 1900-an, pemerintah Turki bekerja sama dengan kebunbinatang Ankara melakukan sebuah program pengembangbiakan terhadap kucing Anggora ini, terutama jenis Anggora berbulu putih. Tujuan dari program ini adalah untuk melindungi dan melestarikan kucing ras Anggora putih murni dengan warna mata yang berbeda dengan sebelahnya (warna biru dan kuning). Sampai sekarang program pengembiakan ini masih berjalan.

Sejak tahun 1968, kucing Anggora bulu putih ini pertama kali diakui oleh organisasi pendaftaran kucing bernama Cat Fanciers' Association (CFA). Pengakuan oleh organisasi ini ditandai dengan diadakannya kontes-kontes kucing Anggora setiap tahun, bahkan sejak tahun 1976, kucing Anggora bulu putih ini telah naik kelas yaitu kelas kejuaraan. Selain CFA, kucing Anggora ini juga telah mendapatkan pengakuan dari organisasi lain yaitu FIFE pada tahun 1993.

Dari segi penampilan, Anggora ini memiliki ukuran badan yang sedang, dengan badan yang panjang, ramping, langsing dan elegan. Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Kakinya panjang dan tinggi. Ekornya juga panjang serta mengembang. Anggora yang paling disukai adalah Anggora putih. Anggora putih memiliki ciri khas pada matanya, yaitu warna matanya berbeda dengan sebelahnya (yang satu hijau kekuningan dan yang satu biru).

Di bawah ini bebrapa foto kucing Anggora..







Itulah artikel mengenai Kucing Anggora, saya harap seluruh uraian diatas dapat memberi dan menambah wawasan bagi anda dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom yang telah tersedia dibawah dan bagikan ke teman-teman anda bila artikel ini bermanfaat. baik sobat, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.


Previous
Next Post »